Saatnya Juventus Juara Liga Champions

juventus juara UCL

Pagi dinihari WIB tadi dua pertandingan terakhir perempat final UEFA Champions League (UCL) telah berakhir.

Di Catalan, FC Barcelona gagal lolos ke semifinal setelah hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Juventus. Lionel Messi dkk tersingkir akibat kalah 0-3 secara agregat.

Di Monaco, tuan rumah AS Monaco kembali tampil impresif dan berhasil menghajar tamu mereka dari Jerman, Borussia Dortmund 3-1. Monaco secara keseluruhan unggul agregat 6-3 dan memastikan diri lolos ke semifinal puntuk pertama kalinya sejak 2004.

Kini hanya tinggal tersisa empat tim yang berpeluang merebut gelar juara UCL, Real Madrid, Atletico Madrid, Juventus, dan AS Monaco.

Saya mencoba mengurutkan keempatnya dimulai dari tim yang menurut saya paling berpeluang meraih gelar juara UCL musim ini.

 

  • Juventus

Meski tampil kurang meyakinkan di awal musim, Juventus terus menunjukkan perkembangan dari pekan ke pekan.

Penampilan impresif mereka melawan FC Barcelona di dua leg perempatfinal adalah bukti bahwa mereka kini sudah tak bisa dianggap remeh.

Tim ini terlihat solid dan seimbang dari segi pertahanan maupun penyerangan.

Gianluigi Buffon dkk  bahkan belum pernah merasakan satupun kekalahan di ajang UCL musim ini. Jangankan mengalahkan mereka, membobol gawang mereka pun sulit. Total, Juventus baru kebobolan 2 kali sepanjang turnamen.

Tak cuma soal bertahan, serangan Juventus pun terbilang mengerikan dengan kehadiran pemain-pemain seperti Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, Juan Cuadrado, dan Mario Mandzukic.

Faktor-faktor tadi membuat Juventus akan menjadi lawan yang tangguh bagi klub manapun yang akan mereka hadapi di semifinal. Dan menurut saya, mereka adalah tim yang paling berpeluang meraih trofi UCL musim ini.

 

  • Real Madrid

Tak bisa dipungkiri, Real Madrid adalah tim yang selalu menjadi unggulan di tiap kejuaraan yang mereka ikuti. Pasalnya, tim ini punya sederet pemain bintang di hampir setiap posisi.

Madrid pun mampu menyingkirkan salah satu klub unggulan lainnya, FC Bayern Munchen di perempatfinal. Meski keberhasilan mereka itu masih meninggalkan serangkaian kontroversi, saya rasa mereka layak untuk berada di semifinal.

Satu hal yang menjadi kelemahan mereka adalah lini pertahanan. Saya bahkan lupa kapan terakhir kali Sergio Ramos dkk mengakhiri laga tanpa kebobolan. Madrid sangat sering kebobolan terlebih dahulu di awal-awal pertandingan.

Hal inilah yang membuat saya ragu mereka akan kembali menjuarai UCL musim ini. Mereka akan sangat kesulitan menghadapi tim-tim macam Juventus atau Atletico yang sangat pandai dalam mempertahankan keunggulan.

 

  • Atletico Madrid

Atletico mungkin adalah klub tersial di UCL dalam beberapa musim terakhir. Mereka dua kali menembus final tahun 2014 dan 2016 namun selalu gagal di tangan Real Madrid.

Musim ini Atletico tentu sangat berhasrat untuk merebut trofi yang dua kali nyaris mereka raih tersebut.

Meski begitu tugas mereka dipastikan akan sangat berat. Real Madrid, rival sekota sekaligus tim yang menjadi momok mereka di UCL dalam tiga musim terakhir siap menghadang.

Belum lagi dengan keberadaan Juventus dan Monaco, dua tim yang sedang dalam performa terbaik.

Sepertinya, Atletico  harus kembali mengubur mimpi mereka musim ini.

 

  • AS Monaco

Inilah tim yang paling mengejutkan para penggemar sepakbola di seluruh dunia akhir-akhir ini.

Tak banyak memiliki pemain bintang, Monaco nyatanya justru mampu menjadi tim terproduktif di Eropa dengan bermodalkan pemain-pemain muda berbakat.

Lini depan Monaco yang diisi oleh Kylian Mbappe, Bernardo Silva, Thomas Lemar, dan Radamel Falcao patut diwaspadai oleh tim manapun yang akan mereka hadapi di semifinal.

Sayangnya lini pertahanan mereka tak segarang lini depan mereka.

Saat melawan Man. City dan Dortmund , mungkin lini pertahanan Monaco  bisa terselamatkan oleh ketajaman lini depan mereka.

Akan tetapi saya ragu mereka akan bisa mencetak banyak gol saat bertemu dengan salah satu dari ketiga tim di atas.

 

Satu hal lain yang bisa mempengaruhi peluang juara tim-tim tadi adalah undian semifinal yang bakal digelar besok sore WIB.

Meski begitu, pendapat saya tak akan berubah.

Juventus akan menjuarai Liga Champions musim ini.

foto: jawapos.com

 

Iklan